Hidup Peternak Indonesia !

Lagi - lagi, forum peternak ayam yang saya ikuti didunia maya selalu membawa cerita dan berita baru bagi saya. Entah itu ilmu tentang ternak, informasi harga, informasi doc, pakan atau bahkan hanya tegur sapa diantara anggota forum yang akhirnya selalu menghadirkan wawasan baru.
Forum ternak ayam yang saya ikuti jumlah anggotanya sudah mencapai puluhan ribu yang tersebar dari sabang sampai merauke.
Bisa dibayangkan bahwa sejatinya para peternak Indonesia jumlahnya sangat banyak. Itu hanya yang bergabung di grup saja, belum peternak tradisional lain yang tidak pernah online tentu jumlahnya lebih besar.
Saya merasa, dengan adanya grup peternakan ayam didunia maya sangat membantu saya dalam belajar dan menambah wawasan. Mulai dari urusan pakan, informasi ketersediaan doc sampai penjualan di waktu panen.
Pernah ada inisiatif dari anggota forum yang memposting agar anggotanya berbagi informasi tentang ternak yang mereka pelihara. Mulai jenis ternak, kapasitas ternak, nama dan alamat peternakan. Eh ternyata hasilnya sangat mengasikkan.
Ada yang berkomentar jenis ternaknya Ayam Kampung Asli (AKA) dengan populasi ribuan ekor..!
Ada yang berkomentar ternak joper ratusan ekor, ada pula yang berkomentar populasi ternaknya ratusan ekor namun sekarang tinggal sepuluh ekor karena mati, dan ada pula yang berkomentar populasinya 3 betina induk dan 1 pejantan saja. hehe
Sungguh setiap orang punya kapasitas dan cerita sendiri- sendiri. Ada yang rejekinya banyak, ada yang rejekinya sedang dan ada pula yang sedang belajar beternak dll.
Semua komentar tadi tentunya bisa membuat kita semakin semangat untuk terus beternak hingga sukses seperti para senior. Dengan saling bertukar informasi, bukan tidak mungkin peternak Indonesia semakin maju dan terorganisir.