Ciri Ayam KUB

Menurut saya, guru yang paling baik itu adalah pengalaman. Entah dalam hal apa saja, pengalaman sangatlah penting dan berharga sekali. Karena dengan pengalaman kita dapat belajar langsung mempraktekkan apa yang kita lakukan.
Seorang peternak, walau dia tidak pernah sekolah dari jurusan peternakan, namun jika setiap hari mengamati ayam, maka dia akan tahu bagaimana memperlakukan ketika ayam sakit, bertelur, ataupun mengetahui berbagai macam jenis ayam.
Alhamdulillah sekali,walau saya bukan dari jurusan peternakan, namun setelah beberapa kali memelihara ayam, saya paling tidak mengetahui berbagi jenis ayam walau pengetahuan itu masih untuk diri saya sendiri.
Awal mula saya memelihara ayam adalah ayam bangkok. Itupun atas ajakan teman saya agar saya mencoba beternak.
Awalnya saya sama sekali tidak suka beternak ayam. Hobi saya adalah bermusik, menulis ataupun sepakbola. Namun setelah beberapa waktu memelihara ayam, saya mendapatkan berbagai manfaat baik secara ekonomi maupun lainya.
Ayam bangkok, ayam kampung, ayam pelung, atau ayam ketawa menurut saya sekilas ketika masih DOC akan mempunyai kesamaan dalam berbagai hal. Baik itu bulu, ukuran ataupun yang lainnya. Namun apabila ayam mulai beranjak berumur 1 atau 2 minggu akan kelihatan ayam apakah yang kita pelihara.
Ayam bangkok secara fisik akan tumbuh lebih tegap, tulang kelihatan kokok dan cenderung lebih tegap dan besar. Sedangkan ayam ketawa mempunyai DOC yang lebih kecil, begitu juga dengan ayam pelung yang dalam pertumbuhannya beratnya cenderung ringan daripada ayam bangkok.
Ayam kampung secara fisik juga mirip dengan ayam bangkok, ketawa atau pelung. Namun ketika beranjak dewasa, beberapa ciri asli dari ayam akan kelihatan asinya.
Ayam ketawa walau kecil suaranya akan berbeda dengan ayam bangkok, ayam pelung juga bisa ketahui dari suaranya.
Dua kali memeihara bibit ayam KUB dari dua peternakan yang berbeda ternyata ayam KUB yang saya pelihara cirinya sama dengan ayam KUB yang saya pelihara beberapa tahun yang lalu.
Walau ternak ayam KUB saya yang pertama sudah habis saya jual, namun ciri ayam KUB yang dulu sama dengan ayam KUB yang saya pelihara yang sekarang.
Ciri - ciri ayam KUB adalah sebagai berikut :
  1. Mata. Dari usia 0 - 1 bulan, ciri mata ayam KUB adalah mata sedikit buram atau gelap. Entah apa warna ayam KUB yang anda pelihara, mata ayam KUB pada usia kurang dari 1 bulan cenderung gelap, buram.
  2. Jengger. Untuk DOC ayam KUB terutama pejantan yang dapat kita ketahui mulai usia 1 bulan, jengger akan lebih kelihatan akan tumbuh memanjang. Jengger menyerupai mata gergaji kecil. Untuk yang betina, jengger biasa namun secara umum ada semacam bentuk mata gergaji kecil di jenggernya,
  3. Kaki. Walau tidak semua ayam KUB warna kakinya kehitaman atau kehijauan, namun rata- rata kaki ayam KUB adalah buram tidak putih atau kuning. Namun ada juga yang kuning.
  4. Berat. Ayam KUB cenderung lebih ringan dan sedikit lebih kecil dari ayam bangkok yang gagah dan kekar. Bila dirasakan, ayam KUB cenderung lebih ringan.
  5. Bulu. Ayam KUB mempunyai bulu yang lebih lebat dari ayam bangkok ataupun ayam kampung. Sehingga pada waktu DOC usia 0-2 bulan, pertumbuhan bulu lebih lebat daripada ayam bangkok. Demikian beberapa sekilas ciri ayam KUB menurut pengamatan saya. Semoga bermanfaat.
Penampakan bibit ayam KUB
Mata Bibit Ayam KUB lebih buram gelap, Bentuk jengger seperti mata gergaji

Kaki ayam kub rata- rata gelap, namun tidak semua ayam kub berkaki gelap