Pakan DOC ayam KUB

docayam kub



Beberapa kali memelihara DOC ayam usia mulai 0 hari, saya biasa memperlakukan ransum pakannya dengan pakan starter awal buatan pabrik yang bisa kita beli ditoko pakan atau poultry shop.
Pakan jadi butiran kecil tersebut kadang kala masih saya lumat lagi agar menjadi semacam bubuk agar ayam yang baru menetas bisa langsung makan tanpa harus diceker-ceker hingga akhirnya banyak yang terbuang.
Ayam KUB menurut pengamatan saya dibandingkan dengan ayam jenis lain mempunyai perbedaan dalam pola makannya.
Dapat diamati dari masa DOC mulai nol hari, ayam KUB lebih lahap dalam menyantap pakannya.
Berbeda dengan ayam lainnya yang kadang kala terlihat manja dengan memilih- milih rangsum pakannya, bibit doc ayam kub lebih mudah pakannya.
Dalam 2 minggu pertama saya telah berganti beberapa merk pakan pabrik, ternyata bibit ayam kub tetap saja menyantap dengan lahap tanpa masalah.
Pakan bibit doc ayam KUB alangkah bagusnya bisa sampai usia 2 bulan kita berikan full pakan pabrik tanpa campuran. Hasilnya, sampai usia 2 bulanan kita dapat memanen ayam tersebut untuk ukuran ayam restoran atau rumah makan. Dengan dipelihara intensif selama kurang lebih 2 bulan, ayam dapat dipanen dengan bobot sekitar 8 ons.
Doc ayam kub milik saya setelah usia 2 minggu sengaja saya beri pakan jagung giling halus tanpa campuran pakan pabrik. Karena, selain menghemat biaya, saya memang tidak berencana memanen untuk usia 2 bulan. Saya ingin doc ayam tersebut saya pelihara sampai jadi indukan. Yang artinya, soal pakan mulai saya mix agar hemat namun ayam tetap lahap makannya.
Dan doc ayam kub usia 2 minggu saya sangat lahap sekali makan jagung giling saja. Tidak perlu pakan pabrik lagi.